Minggu, 30 Mei 2010

"Prakata"


Kota Bandung adalah kota yang sarat akan beragam potensi Pariwisata, Seni dan Budaya. Dalam upaya meneruskan roda pembangunan, perlu dipersiapkan sosok generasi muda yang dapat mengembangkan seluruh potensi Kota Bandung. Terlebih di dalam usianya yang lebih dari 200 tahun, tentu saja tumbuh suatu harapan akan lahir generasi penerus yang mampu meneruskan roda pembangunan di tahun-tahun ke depan usia Kota Bandung, sehingga perlu dipersiapkan sosok-sosok generasi muda yang dapat mengembangkan seluruh potensi Kota Bandung. Namun hal yang terpenting adalah suatu proses regenerasi budaya antar generasi.
Melalui pasanggiri Mojang Jajaka sebuah proses regenerasi dapat dilakukan demi menghasilkan kualitas generasi yang mengerti dan memahami akar budayanya. Pemilihan Mojang Jajaka Kota Bandung, merupakan suatu ajang kompetisi guna mempersiapkan generasi muda unggulan Kota Bandung yang dapat berperan sebagai pemicu dalam kehidupan bermasyarakat, berbudaya, berbangsa dan bernegara.
Mojang dan Jajaka Kota Bandung adalah perwujudan dari generasi muda unggulan Jawa Barat yang dapat memerankan dirinya sebagai obor, khususnya dalam gerakan kebudayaan dan kepariwisataan di Kota Bandung , serta gerakan pembangunan seluruh aspek kehidupan pada umumnya. Sehingga para Mojang Jajaka Kota Bandung juga bisa menjadi ikon sosok ideal generasi muda Kota Bandung dan representasi citra positif Kota Bandung dari segala aspeknya.



Maksud dan Tujuan

Fokus utama dari kegiatan ini ialah untuk mendukung proses pembentukan suatu regenerasi budaya yang ideal, dengan menghasilkan sosok generasi muda yang memiliki jati diri sunda, yang berciri :Pengkuh Agamana (melaksanakan IMTAQ sesuai ajaran religinya), Luhung Elmuna (berdaya saing), Jembar Budayana (Tidak gagap budaya dan berjatidiri sunda), Rancage Gawena (berprestasi dan berpartisipasi aktif dalam berbagai bidang). Kualitas ini akan ditumbuhkan untuk menghasilkan sosok generasi muda yang dapat merepresentasikan Kota Bandung dalam seluruh aspeknya pada masyarakat nasional dan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar